Pengertian Jasa ekspedisi yaitu jasa yang melayani pengiriman barang, baik itu untuk pengiriman domestik hingga pengiriman ke luar negeri. Ada banyak jenis barang yang bisa dikirim menggunakan layanan ekspedisi, contohnya seperti makanan, surat, baju serta berbagai jenis barang lainnya. Namun Jasa Ekspedisi tidak hanya melayani pengiriman dalam jumlah yang sedikit, namun bisa melakukan pengiriman dalam jumlah besar sekalipun. Tentunya, tarif yang dikeluarkan juga menyesuaikan jarak dan jumlah barang yang dikirim.

Jasa ekspedisi sendiri saat ini memang semakin banyak dibutuhkan. Sebab bukan hanya dari perorangan saja, namun juga dilakukan oleh skala yang lebih besar seperti halnya perusahaan atau pabrik. Di zaman modern seperti ini, jasa pengiriman semakin banyak dibutuhkan karena maraknya belanja online. Belanja online sendiri memungkinkan client melakukan pemesanan barang, entah dari dalam hingga luar negeri serta pihak ekspedisi akan berperan sebagai pengantar produk pesanan tersebut.

Selain karena meningkatnya sistem belanja online, pertumbuhan kegiatan ekspor – impor di Indonesia juga berperan meningkatkan penggunaan dari jasa ekspedisi. Untuk kegiatan Import, sering dilakukan saat bahan baku yang dibutuhkan di dalam negeri tidak ada. Dengan demikian, client akan mendatangkan bahan tersebut dari luar negeri melalui layanan ekspedisi. Dengan meningkatnya kebutuhan di bidang layanan pengiriman, maka peluang dalam jasa ekspedisi juga semakin besar. Pengiriman dari luar negeri sendiri dilakukan dengan memanfaatkan berbagai alat transportasi seperti halnya kapal laut hingga pesawat untuk yang menggunakan jalur udara. Untuk cara kerja Penyedia jasa ekspedisi barang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu:

1. Barang yang akan dikirim
Barang-barang yang akan dikirim tentu saja harus yang tidak melanggar hukum ataupun barang ilegal.

2. Pengemasan Barang atau Packing
Jenis dan kekuatan packing sangat berpengaruh terhadap barang yang akan dikirim, apakah barang tersebut dapat sampai ke tempat tujuan tanpa kerusakan yang berarti atau tidak. Selain itu jenis barang yang akan dikirim juga harus diperhatikan, karena ada beberapa jasa ekspedisi yang tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang digunakan tidak kuat.

3. Pengurusan surat-surat
Yang dimaksud pengurusan surat-surat disini yaitu izin serta administrasi dari bea cukai serta pihak lain yang bersangkutan. Namun Dalam hal ini umumnya pihak penyedia jasa ekspedisi akan mengurusnya serta meminta dokumen-dokumen ke anda yang dibutuhkan.

4. Moda transportasi yang digunakan
Yang terakhir adalah jenis transportasi yang digunakan, sebenarnya untuk tahap ini anda dapat memilih jenis transportasi tersebut sesuai jarak tempuh serta daerah tujuan pengiriman, sebab penyedia jasa ekspedisi umumnya menyediakan 3 layanan ekspedisi pengiriman barang yaitu melalui jalur darat, udara serta laut.

Nah demikian tadi sedikit penjelasan mengenai jasa ekspedisi. Jika Anda sedang mencari jasa ekspedisi terpercaya dan berpengalaman, Anda bisa menggunakan jasa kami ABC Express. Kami ABC Express merupakan penyedia jasa ekspedisi jakarta yang telah berpengalaman dalam mengirim barang baik dari dalam negeri atau luar negeri. Kami mementingkan kepuasan pelanggan jadi jangan ragu untuk mengirim barang lewat jasa kami ABC Express. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi customer service kami ABC Express.

Ekspor Beras ke Arab, Potensi Besar Indonesia Mengenal Supplier