PTPN giring teh ke AS, yang mana telah dituturkan oleh Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Dwi Sutoro. Dirinya mengatakan telah menggiring produk teh PTPN Group ke Starbucks Corporation di Seattle, Amerika Serikat. Penggiringan ekspor tersebut dilangsungkan di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

PTPN Giring Teh ke AS

Sumber foto: Erik Mclean (Unsplash)

Dwi Sutoro menyatakan, bentuk aksi korporasi ini merupakan wujud nyata perusahaan dalam mengimplementasikan rencana strategi jangka panjang (long-term) melalui kemitraan strategis dan ekspansi produk dari sektor hilir.

Dwi Sutoro pun optimistis ekspor komoditas teh lokal kembali menunjukkan peningkatan yang pesat, terutama setelah perusahaan juga berhasil mendapatkan kontrak ekspor ke negara lain seperti Malaysia, Jepang, Pakistan, Jerman, Rusia, dan Inggris.

“Kemitraan strategis antara PTPN Group dan Starbucks dalam melakukan ekspor perdana 2021 produk teh ke Seattle, merupakan prestasi yang patut diapresiasi, mengingat pada 2020 yang lalu, ekspor teh mengalami penurunan yang tajam akibat pandemi Covid-19,” tuturnya dalam siaran pers, Rabu, 21 April 2021.

Baca juga: Apa itu Jasa Ekspedisi dan Tips Memilih Jasa Logistik Jakarta

Dwi Sutoro memaparkan, beberapa destinasi ekspor seperti Asia, Eropa, dan Amerika sempat memberlakukan kuncitara yang mengakibatkan terhentinya serapan produksi penjualan teh PTPN Group. Walaupun demikian, lanjut Dwi, atas hasil upaya kerja cerdasnya, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) sukses meraih kembali kontrak komoditas teh dengan Starbucks yang diawali dengan kapasitas kontrak sebanyak 176 ton yaitu senilai US$ 322.000 atau setara Rp4,5 miliar dan potensi ekspor teh ke Starbucks 2021 mencapai 500 ribu ton.

“Dengan dibukanya aturan lockdown di beberapa negara pada 2021 ini, maka pergerakan ekspor mulai bangkit kembali dan menjadi peluang bagi PTPN Group untuk melakukan ekspor, walaupun pandemi masih berlangsung dan freight cost melonjak hingga 3-4 kali lipat dari harga normal. Kerja sama dengan Starbucks menjadi trigger bagi perusahaan untuk meraih kembali peluang ekspor teh yang lebih luas dari PTPN Group,” imbuhnya.

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) memiliki luas area teh sebesar 30.228 Ha dan produksi teh Kering sebanyak 54.721 ton (2020), bermitra dengan Starbucks Corporation yaitu perusahaan minuman asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Seattle dan memiliki jaringan bisnis terbesar di dunia, yaitu sebanyak 20.336 gerai di 61 negara serta memiliki brand image yang sangat kuat.

Sementara itu, Starbucks Corporation dalam rangka menjaga kualitas produk minumannya, memberlakukan kebijakan standar mutu yang ketat kepada para produsennya. Teh PTPN Group setelah melalui beberapa tea testing dan uji mikrobiologi yang dilakukan di Lab Eurofins, Jerman, pada pertengahan April 2021, telah dinyatakan berhasil memenuhi uji standar mutu tersebut sehingga dapat melakukan ekspor ke Seattle.

Setelah kita tahu PTPN giring teh ke AS, berarti semakin besar pula potensi Sobat ABC untuk menggeliatkan komoditas ekspor yang dimiliki dalam bentuk lain. Oleh karena itu, apa pun jenis komoditas ekspornya, salah satu hal yang penting yaitu terkait jasa pengirimannya. Selalu percayakan pengiriman barang kargo melalui ABC Express. Kami siap siaga melayani konsultasi hingga pengiriman barang dengan mudah, aman, dan cepat. Yang terpenting, dari titik mana pun dan ke mana pun akan kami antar barang Sobat ABC sampai ke tujuan penerima dengan lead time yang sudah disesuaikan.

Tertantang untuk mendapatkan penawaran terbaik? Kami tunggu presensi Anda dalam rekam jejak pelayanan loyal dan memuaskan yang kami berikan. Sukseskan bisnis Anda mulai dari sekarang mulai dari memilih jasa pengiriman yang tepat! Hubungi customer service kami melalui narahubung.

Bacaan spesial untuk Sobat ABC: Ekspor Indonesia ke Cina: Jadi Negara Tujuan Ekspor Utama, Ikan Hias Indonesia Akan Gesitkan Langkah ke Pasar Ekspor, dan Dukung UKM Sukses Ekspor Sri Mulyani Beri Taktik Jitu.

Ekspor Beras ke Arab, Potensi Besar Indonesia Mengenal Supplier