4 Langkah Membuat Laporan Stock Opname Barang

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
stock opname

Inventory merupakan aset terbesar bagi bisnis ritel.

Jika Anda memiliki perhitungan stok barang yang tidak akurat, produk yang telah berada di rak selama berbulan-bulan, atau vendor yang di bawah performa, bisnis Anda sedang kehilangan uang.

Laporan stok barang yang baik dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut. 

Laporan persediaan dapat membantu meningkatkan akurasi persediaan, memenuhi permintaan dengan lebih efektif, dan mengurangi kehabisan stok: kombinasi yang sempurna untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Untuk meningkatkan pengelolaan persediaan di toko Anda, panduan ini menjelaskan berbagai jenis laporan persediaan yang dapat Anda kumpulkan serta cara membuat dan menggunakan laporan Anda sendiri.

Apa itu Laporan Stock Opname?

Laporan stock opname adalah ringkasan terorganisir mengenai jumlah stock barang yang Anda miliki pada suatu waktu tertentu. 

Laporan ini bisa berupa laporan elektronik atau fisik, dan menampilkan rincian termasuk jumlah produk yang dapat Anda jual saat ini, inventaris dalam perjalanan, dan inventaris yang Anda butuhkan.

Laporan stock opname yang baik berisi informasi terkini dengan tingkat detail yang tinggi dan menggunakan visualisasi untuk menjelaskan seberapa banyak item yang Anda miliki dalam stok. Laporan ini membantu Anda menghindari memesan terlalu banyak stok atau kehabisan stok saat pelanggan membeli produk Anda secara online.

Pentingnya Pelaporan Stock Opname

1. Tracking inventaris

2. Pengelompokkan inventaris

3. Perbaikan forecasting

4. Peningkatan layanan pelanggan

Pelaporan inventaris memiliki kepentingan yang beragam yang berdampak pada bisnis Anda. 

Mari kita lihat setiap area ini.

Tracking Stock Barang

Pelacakan stock barang yang tidak konsisten menyebabkan pengolahan ulang ganda produk dan kehilangan inventaris. Dengan sistem pelaporan inventaris yang efektif, Anda dapat melacak lokasi produk sepanjang supply chain ritel Anda, mulai dari gudang hingga rak di toko Anda.

Melacak stock barang juga membantu Anda:

  • Menjaga tingkat stok yang terupdate
  • Meningkatkan akurasi inventaris
  • Memahami penilaian inventaris dan biaya penyimpanan
  • Menghindari kekurangan stok

Dengan laporan ini, Anda juga dapat mendeteksi kesalahan dengan lebih cepat dan menjaga profitabilitas.

Pengelompokkan Stock Barang

Terdapat dua cara populer yang digunakan oleh para ritel untuk mengkategorikan barang: melalui analisis ABC dan berdasarkan lokasi atau jenis. Terlepas dari metode yang Anda gunakan, laporan stock barang sangat penting untuk mengkategorikan inventaris Anda.

Laporan akan memberikan informasi secara real-time mengenai lokasi inventaris dalam rantai pasokan, mulai dari bahan baku hingga siap dijual. Mengetahui di mana produk berada membantu Anda memahami biaya barang terjual pada setiap tahap. Ini juga membantu Anda mengoptimalkan manajemen inventaris dan memenuhi permintaan pelanggan di masa depan.

Perbaikan Forecasting

Dalam inventory forecasting, yang juga disebut demand planning, data dan tren masa lalu digunakan untuk memprediksi kebutuhan inventaris di masa depan. Dengan adanya laporan stock barang, Anda dapat mengelola dengan strategis item stok, menghindari kelebihan persediaan, dan memastikan Anda memiliki cukup stok untuk memenuhi pesanan pelanggan.

Jika persediaan terlalu sedikit, Anda berisiko kehilangan pelanggan yang siap memberikan uang kepada Anda. Jika persediaan terlalu banyak, gudang stok Anda akan berantakan, meningkatkan biaya penyimpanan, dan memberikan beban berlebihan pada pelanggan.

Laporan stock barang yang baik dapat membantu Anda menghadapi perubahan permintaan dan menyediakan jumlah inventaris yang tepat di toko Anda.

Peningkatan Layanan Pelanggan

Mempunyai cukup inventaris bukan hanya menguntungkan kantong para ritel, tetapi juga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Bayangkan masuk ke sebuah toko dengan tujuan membeli suatu barang, namun ternyata barang tersebut habis persediaannya. Kehabisan persediaan inventaris menjadi hal yang frustrasi bagi pelanggan. Sebanyak 37% konsumen yang mengalami kehabisan persediaan akan berbelanja dengan merek lain, dan 9% tidak akan membeli apa pun sama sekali.

Laporan stock barang yang akurat akan memberitahu Anda kapan tepatnya untuk memesan persediaan lebih banyak, sehingga Anda dapat menjaga lebih banyak produk di rak dan membuat pelanggan tetap puas.

Read: Cara Kerja Supply Chain Management Bagi Perusahaan

Jenis Laporan Stock Opname

  • Inventory on hand
  • Shrinkage
  • Inventory  performance
  • Inventory valuation
  • Cost of goods sold
  • Stock reorders

Inventory on hand

Laporan stock barang yang tersedia menunjukkan jumlah persediaan yang tepat dan nilainya. Ini mengindikasikan berapa banyak modal yang ada dalam inventaris, sehingga Anda dapat melakukan forecasting, pemesanan ulang, dan perencanaan anggaran yang lebih baik untuk masa depan.

Shrinkage

Shrinkage adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi saat toko Anda memiliki barang yang lebih sedikit di stok dibandingkan dengan catatan. Retail Security Survey 2020  menemukan bahwa shrinkage menyumbang 1,62% dari keuntungan bersih ritel, dengan biaya sebesar 61,7 miliar dolar setiap tahun. Laporan shrinkage memantau tingkat shrinkage dari waktu ke waktu untuk melihat apakah ada masalah besar yang perlu ditangani.

Inventory performance

Laporan inventory performance memberikan informasi khusus tentang penjualan produk Anda, seperti:

  • Produk terlaris
  • Produk terburuk
  • Pertumbuhan tahun ke tahun terbaik

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk merencanakan pemesanan bahan baku atau penambahan stok. Jika produk yang banyak diminati laku terjual dengan cepat, Anda dapat memesan lebih banyak.

Laporan inventory performance juga mengungkapkan tren penjualan. Jika Anda melihat bahwa suatu barang tertentu tidak terjual dalam waktu yang lama, misalnya, Anda dapat menyelidiki lebih lanjut untuk memahami alasannya.

Inventory Valuation

Gudang Anda penuh dengan produk yang menunggu untuk dijual. Barang-barang ini adalah stok yang telah Anda beli dengan mengeluarkan uang dan sumber daya, dan sebagai bagian dari inventaris Anda, mereka memiliki nilai. Laporan inventory valuation mencerminkan total biaya inventaris dan potensi keuntungan per penjualan.

Dengan laporan ini, Anda dapat:

  • Menentukan tujuan pendapatan
  • Menghemat pajak
  • Mendapatkan pembiayaan bisnis kecil

Tujuannya adalah memberikan gambaran yang jelas tentang posisi keuangan dan profitabilitas bisnis Anda. Memperkirakan biaya inventaris mungkin terlihat membingungkan, tetapi ada metode yang dapat Anda gunakan untuk menilai inventaris dan menjaga keakuratan catatan keuangan Anda.

Cost of Goods Sold

Cost of Goods Sold (COGS) suatu bisnis adalah biaya langsung untuk memproduksi produk yang dijualnya. Ini juga disebut "biaya penjualan" atau "laporan COGS," karena termasuk biaya bahan dan tenaga kerja yang secara langsung terkait dengan produksi produk ritel.

Laporan COGS memberikan insight yang membantu Anda:

  • Menetapkan harga terbaik untuk produk
  • Mengelola pajak triwulanan
  • Mencari peluang pertumbuhan

Secara keseluruhan, mengetahui COGS Anda membantu menggambarkan gambaran yang jelas tentang kesehatan keuangan bisnis Anda dan dapat membantu Anda mengoptimalkan manajemen inventaris.

Stock Reorders

Laporan stock reorders stok menampilkan semua varian produk yang sesuai atau telah mencapai titik pemesanan kembali. Ada daftar semua produk yang ada, pesanan pembelian yang tertunda, pesanan penjualan, dan tingkat pemesanan kembali dari sebuah varian. Berdasarkan jumlah stok yang ada dan akan dikirim, Anda dapat menentukan berapa banyak stok yang perlu dipesan kembali.

Bagaimana Cara Membuat Laporan Stock Opname

  • Buat inventory list
  • Menentukan timeframe
  • Pilih jenis report yang akan dijalankan
  • Menjalankan laporan inventaris

Buat inventory list

Mulailah dengan mencatat setiap item inventaris Anda dalam satu kolom vertikal. Ekspor data inventaris ini dari sistem POS atau sistem manajemen inventaris Anda. Data tersebut akan berisi informasi yang Anda butuhkan seperti:

  • Stok yang tersedia
  • Lokasi stok
  • Varian yang tersedia
  • Nomor SKU
  • Harga
  • Jumlah unit
  • Tuliskan deskripsi inventaris

Sediakan ruang untuk deskripsi setiap produk dalam kolom lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat melacak perbedaan antara item inventaris. Jika Anda ingin menyoroti karakteristik unik suatu produk, misalnya, Anda dapat memberikan lebih banyak detail. Anda juga dapat mencatat jika suatu item rusak atau hilang.

Sertakan harga inventaris

Setiap item harus memiliki harga sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui nilai inventaris Anda. Di beberapa bisnis, Anda mungkin melacak biaya pembelian atau produksi secara terpisah dari harga jual.

Menentukan Timeframe

Pastikan Anda mengambil semua data dari rentang waktu yang sama. Anda dapat melihat metrik laporan inventaris per kuartal atau per hari. Saat Anda membandingkan periode, perhatikan tren belanja musiman. Jika Anda membandingkan angka bulan April dengan November, misalnya, Anda akan melihat perbedaan besar karena adanya hari libur.

Pilih laporan yang akan dijalankan

Setelah Anda memiliki data dan rentang tanggal, pilih laporan yang ingin Anda jalankan. Pilih laporan yang dapat menjawab pertanyaan yang ingin Anda ketahui.

Misalnya, laporan kinerja inventaris dapat membantu Anda memahami perubahan pada produk-produk yang paling baik dan yang paling buruk. Laporan kehilangan dapat membantu mengungkap perubahan dalam kehilangan barang. Sistem POS juga akan menawarkan laporan inventaris standar yang dapat Anda gunakan untuk memulai analisis Anda.

Jalankan laporan Anda

Terakhir, jalankan angka-angka dan lakukan analisis. Cari tren inventaris dan penjualan yang positif dan negatif dalam laporan Anda. Misalnya, jika Anda melihat bahwa suatu produk baru terjual dengan cepat, Anda akan ingin menetapkan titik pemesanan ulang yang lebih tinggi daripada produk yang terjual lebih lambat.

Read: Perbedaan Gudang dan Pegudangan Logistik

Seberapa sering Anda membutuhkan laporan stock opname?

Frekuensi pelaporan tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki toko dengan volume tinggi, sebaiknya Anda menjalankan laporan dengan lebih sering karena angka-angka Anda berubah secara teratur.

Dalam setiap kasus, menjadikan kebiasaan menjalankan laporan persediaan penting bagi pengecer dengan berbagai ukuran. Beberapa periode umum untuk menjalankan laporan persediaan adalah:

  • Mingguan dan bulanan. Mudah untuk mengambil laporan mingguan dan bulanan dari sistem POS dan perangkat lunak manajemen persediaan Anda. Laporan mingguan dan bulanan dapat memberikan gambaran rutin tentang kesehatan persediaan Anda, menetapkan ambang persediaan untuk memenuhi permintaan, dan bahkan memberi informasi kepada tim pemasaran tentang hasil promosi.
  • Sebelum dan setelah musim sibuk. Laporan penjualan real-time sangat bermanfaat bagi pengecer. Namun, memahami pertumbuhan dari satu periode ke periode berikutnya sangat penting untuk memaksimalkan penjualan. Misalnya, Anda ingin menjalankan laporan persediaan untuk membandingkan BFCM (Black Friday Cyber Monday) tahun 2020 dengan BFCM tahun 2021. Anda juga dapat menjalankan laporan selama musim sibuk lainnya seperti saat belanja kembali ke sekolah atau Hari Valentine.
  • Tergantung pada operasional Anda. Untuk toko dengan volume pesanan harian atau per jam yang tinggi, lebih banyak pelaporan akan diperlukan untuk memberikan informasi dalam pengambilan keputusan pembelian. Tujuannya adalah menemukan keseimbangan yang tepat bagi toko Anda untuk menjaga kepuasan pelanggan dan keuntungan toko Anda.

Mengelola pelaporan persediaan di toko Anda

Tidak diragukan bahwa laporan persediaan sangat penting untuk kesuksesan toko ritel atau e-commerce mana pun. Toko kecil dengan volume rendah mungkin bisa menggunakan pelaporan persediaan manual. Untuk menjaga akurasi laporan, mereka dapat memantau tingkat stok dan memperbarui data secara teratur dalam spreadsheet Excel.

ABC Express merupakan solusi pengiriman kargo yang dapat menghemat banyak waktu dan tenaga Anda.

ABC Express memiliki layanan pengiriman yang merata yang membantu Anda mengelola stock barang selalu tersedia di toko.

Anda juga menikmati presisi dan akurasi dalam pemenuhan pesanan dan pilihan pengiriman yang hemat biaya dari berbagai layanan pengiriman

Di ABC Express, kami bangga menjadi ahli pengiriman yang berat, besar, dan besar. Kami dengan senang hati membantu Anda menemukan cara untuk mengirimkan paket besar Anda dengan harga murah. Cukup hubungi kami disini!