Panduan Import Barang Kargo Melalui Pengiriman Laut

Kargo
Homeicon-breadcrumbBlogicon-breadcrumb
Import via Laut

Pengiriman kargo melalui jalur laut adalah salah satu metode paling efektif untuk pengiriman antar pulau, impor dan ekspor barang. 

Faktanya, 90% barang diangkut melalui laut, sehingga penting untuk mengetahui prosedurnya secara lengkap dan benar.

Apa saja dokumen pengiriman laut yang diperlukan, bagaimana cara hitung tarif, beserta tips untuk pengiriman via laut?

Dalam artikel ini, kami akan membahas semua aspek penting pengiriman laut, termasuk dokumen apa yang diperlukan, di mana menemukan pengirim barang, bagaimana tarif dihitung, beserta beberapa tips berguna untuk Anda!

Apa itu Kargo Laut?

‍Kargo laut merupakan proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain melalui kapal.

Pada awal abad ke-12, armada kapal telah melintasi dunia membawa semua jenis barang. Saat ini, angkutan laut masih merupakan cara yang paling hemat biaya untuk membawa barang dari titik A ke B. Sekitar 90% barang perdagangan dunia dikirim melalui laut.

‍Jenis Angkutan Laut untuk kirim Kargo

Ada lima jenis transportasi laut yang sering digunakan untuk pengiriman barang, diantaranya:

  • Kapal Tongkang
  • Tanker
  • Bulk carriers
  • General Cargo Ship
  • Kapal kontainer

General cargo dan bul carrier adalah dua jenis armada yang paling sering digunakan dalam pengiriman kargo laut.

General cargo ship adalah kapal yang paling umum digunakan untuk mengangkut barang yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengangkut berbagai jenis kargo, baik kargo dalam kantong/karung, kargo curah, dan kontainer.

Bulk carrier sering digunakan untuk membawa kargo curah (seperti batubara, bijih besi, biji-bijian, mineral, dan lain-lain). Berbeda dengan kapal general cargo yang dapat memuat beberapa jenis cargo berbeda, Bulk Carrier biasanya mengangkut satu jenis (homogen) kargo.

Ukuran Kontainer Barang 

Sejak 1956, ketika truk Amerika Malcolm Mclean menggunakan kontainer logam yang dapat ditumpuk untuk mengangkut barang untuk pertama kalinya, pengiriman kontainer menjadi lebih populer daripada moda transportasi lainnya.‍

Biasanya, peti kemas barang memiliki empat ukuran.

- 20 GP (General purpose 20 kaki).

- 40 GP (General purpose 40 kaki).

- 20 HC (High cube, lebih tinggi 1 kaki dari GP tetapi panjangnya masih 20 kaki).

- 40 HC (High cube, lebih tinggi 1 kaki dari GP tetapi panjangnya masih 40 kaki).

Metode Import Pengiriman Kargo via Laut

Terdapat dua metode pengiriman menggunakan kontainer:

Less than Container Load  (LCL)

LCL, atau “Less than Container Load”, berarti barang hanya mengisi sebagian dari kontainer, dan akan berbagi ruang dengan pengirim lain. Metode Ini dapat menghemat biaya, tetapi kerugiannya adalah Anda mungkin harus menunggu sedikit lebih lama untuk pengiriman karena kontainer tidak akan dikirim sampai penuh.

Full Container Load (FCL)

FCL, atau “Full Container Load”, berarti bahwa barang-barang kiriman Anda akan memenuhi hampir seluruh kontainer. Kontainer dapat dikemas di tempat penjual dan dibawa langsung ke shipyard.

Cara Import Barang Kargo via Laut

Cara termudah untuk mengirim melalui laut adalah dengan menggunakan kalkulator pengiriman kami. Masukkan ukuran kiriman, tujuan, dan pilih tarif yang paling sesuai untuk Anda. 

ABC Express yang akan menangani semua detail, mulai dari penjemputan di pabrik/pemasok hingga pengantaran ke alamat pengiriman Anda. Proses pengiriman laut:

Kirim barang ke partner pengiriman

Pengirim barang yang Anda pilih akan mengatur pengumpulan, penyimpanan, dan pengiriman barang Anda. Anda harus memastikan mereka memiliki dokumentasi yang benar sebelum mereka memindahkan barang Anda.

Diperlukan dokumen standar

Bill of Lading (BL atau BoL) – dokumen resmi ini berisi jumlah, jenis, dan tujuan barang yang diangkut. Ini berfungsi ganda sebagai tanda terima saat pengangkut mengirimkan barang.

Commercial Invoice – dokumen ini dikeluarkan oleh pengirim dan berisi perincian tentang pengiriman, termasuk deskripsi dan nilai barang. Ini juga digunakan sebagai deklarasi bea cukai untuk memindahkan barang melintasi batas internasional.

Packing list – ini adalah daftar terperinci dari isi setiap paket atau wadah. Ini terdiri dari pengukuran, bobot, dan informasi relevan lainnya. Daftarnya dipasang di kotak luar atau dikemas dengan barang di dalamnya.

Dokumen khusus produk lainnya – produk tertentu memerlukan izin untuk diangkut. Dokumen lain yang terkait dengan barang Anda, atau pengangkutan barang Anda, harus disertakan. Misalnya, jika Anda mengangkut barang berbahaya, Anda memerlukan formulir “barang berbahaya”.

Pilih Incoterms yang Tepat

Incoterms adalah persyaratan yang disepakati antara Anda dan pihak di luar negeri. Incoterms mencakup peraturan dan aturan tentang pembayaran dan pengiriman. Mereka juga mencantumkan risiko yang terlibat dalam pengiriman dan penjualan barang Anda.

Incoterms terakhir diperbarui pada tahun 2020 dan total ada 11. 7 di antaranya adalah untuk moda transportasi apa pun dan empat istilah khusus untuk transportasi laut dan perairan darat.

Incoterms yang berlaku untuk semua moda transportasi:

- EXW - Ex Works

- FCA - Free Carrier

- CPT - Carriage Paid To

- CIP - Carriage and Insurance Paid To

- DPU - Delivered at Place Unloaded

- DAP - Delivered at Place

- DDP - Delivered Duty Paid

Incoterms yang hanya berlaku untuk transportasi laut:

- FAS - Free Alongside Ship

- FOB - Free on Board

- CFR - Cost and Freight

- CIF - Cost, Insurance, and Freight

Pemindahan kargo

Saat mengangkut barang Anda dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan, langkah-langkah berikut harus diikuti:

  • Pengangkutan ekspor
  • Penanganan asal
  • Angkutan laut
  • Penanganan tujuan
  • Pengangkutan impor

Incoterm Anda akan menentukan siapa yang bertanggung jawab atas pengaturan ini. Mari kita lihat langkah-langkah ini lebih detail.

1. Pengangkutan ekspor

Memindahkan barang dari pengirim ke gudang asal pengirim barang disebut pengangkutan ekspor. Pengangkutan ekspor dapat memakan waktu beberapa jam hingga beberapa minggu, tergantung pada jarak dan transportasi yang tersedia.

2. Penanganan Asal

Melibatkan pengangkutan barang dari gudang asal ke pelabuhan. Di sini, kargo diturunkan dari truk atau kereta api dan dimasukkan ke dalam area penampungan untuk diperiksa. Kiriman disimpan sampai kapal berada di pelabuhan dan siap dimuat.

3. Angkutan laut

Angkutan laut dilakukan oleh jalur pelayaran. Perhatikan bahwa dengan LCL, Anda tidak dapat memutuskan barang lain yang akan diangkut dengan kargo Anda.

4. Penanganan tujuan

Penanganan tujuan terdiri dari beberapa aktivitas. Pertama-tama, dokumen yang relevan diterima. Kontainer kemudian diambil dari pelabuhan dan diangkut ke gudang tujuan. Pada titik ini, kargo dibongkar dan diperiksa. Pengirim barang selalu bertanggung jawab atas penanganan tujuan.

5. Pengangkutan impor

Ini melibatkan pemindahan barang dari gudang impor ke tujuan akhir, baik dengan truk atau kereta api. Alternatifnya, Anda dapat mengambil kiriman sendiri. Incoterm Anda akan menentukan apakah Anda atau pengirim barang Anda membuat pengaturan transportasi untuk barang Anda.

Cara Hitung Tarif Import Jalur Laut

Meskipun Anda dapat dengan mudah memeriksa tarif Anda menggunakan kalkulator pengiriman ABC Express, akan lebih baik untuk memahami bagaimana hal-hal ini dihitung.

FCL vs LCL

Anda harus memilih apakah Anda akan menggunakan muatan kontainer penuh atau muatan kontainer kurang dari penuh. Terkadang bisa membingungkan ketika mencoba memilih di antara keduanya. Beberapa poin sederhana ini akan membuat keputusan lebih mudah bagi Anda:

  • FCL biasanya lebih cepat daripada LCL karena LCL harus menunggu hingga kontainer penuh sebelum pengangkutan dimulai. Ini berarti bahwa Anda dapat menyelesaikan pembelian Anda dan mengatur angkutan laut, tetapi barang Anda dapat tetap disimpan di pelabuhan asal selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan, sebelum kontainer cukup penuh untuk dikirim.
  • LCL menyebabkan peningkatan resiko kerusakan barang dibandingkan dengan FCL. Dengan FCL, hanya ada barang Anda di dalam kontainer, sedangkan dengan LCL, kontainer dapat dikemas dan dikemas ulang beberapa kali sebelum cukup penuh untuk dikirim.
  • Anda akan terkejut mengetahui bahwa terkadang Anda mendapatkan value for money yang lebih baik saat mengambil FCL, meskipun kontainer Anda tidak penuh. Namun, untuk memastikannya selalu periksa tarif untuk keduanya.

Pelabuhan Asal dan Tujuan

Terminal handling costs (THC) harus dibayar di pelabuhan asal dan tujuan. Biaya ini termasuk:

  • Keamanan pelabuhan – ini adalah biaya penyimpanan untuk memastikan keamanan barang Anda jika disimpan di area aman di pelabuhan. Ada banyak pergerakan masuk dan keluar area holding, dengan truk memuat dan menurunkan barang.
  • Biaya segel – wadah harus disegel dengan baik setelah terisi penuh untuk mencegah kerusakan dan pencurian. 
  • Verified gross mass filing (VGM) – setelah pengangkut menimbang kontainer, angka tersebut akan dicocokan dengan berat yang Anda nyatakan. Jika berat yang Anda nyatakan tidak sesuai dengan berat di pelabuhan, hal itu dapat menyebabkan penundaan dan biaya tambahan.‍
  • Izin bea cukai – negara yang berbeda memiliki aturan yang berbeda tentang bea cukai. Mereka mungkin membebankan biaya berbeda atau memiliki larangan berbeda, jadi Anda perlu waspada. Incoterm yang Anda pilih akan menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk mengatur bea cukai. Jauh lebih mudah untuk menyerahkannya kepada pengirim barang Anda.

Kargo Laut vs. Udara

Mungkin ini pertama kalinya Anda mengimpor, dan Anda tidak yakin apakah akan menggunakan angkutan udara atau angkutan laut. Berikut adalah daftar kelebihan dan kekurangan angkutan laut dibandingkan dengan angkutan udara.

Keuntungan angkutan laut

Biaya per unit yang lebih rendah – biaya per unit angkutan massal lebih rendah dibandingkan dengan angkutan udara. Artinya angkutan laut cocok untuk mengangkut barang berukuran besar.

Pembatasan yang lebih sedikit – ada lebih sedikit pembatasan dalam hal angkutan laut, membuatnya lebih mudah untuk mengatur pengangkutan barang.‍

Lebih ramah lingkungan – pengiriman laut lebih ramah lingkungan daripada pengiriman udara. Ini menghasilkan lebih sedikit emisi karbon, yang merusak atmosfer kita.

Kerugian angkutan laut

Waktu transit yang lebih lama – angkutan laut memakan waktu lebih lama daripada angkutan udara. Angkutan laut bukanlah pilihan yang tepat jika Anda sedang terburu-buru untuk barang Anda. Waktu kedatangan juga kurang dapat diprediksi dibandingkan dengan angkutan udara.

Risiko kerusakan yang lebih tinggi – angkutan laut membawa risiko kerusakan barang yang lebih besar daripada angkutan udara. Angkutan udara adalah pilihan yang lebih baik saat mengangkut barang yang sangat rapuh, terutama jika barang tersebut bukan barang besar.‍

Biaya pergudangan yang lebih tinggi – menyimpan barang Anda lebih mahal di halaman pengiriman daripada di bandara. Anda perlu mempertimbangkan ini.

Jika Anda kesulitan memutuskan opsi mana yang lebih baik untuk Anda, kami siap membantu.

Solusi Pengiriman Kargo

ABC Express membantu Anda para pelaku bisni  menghadapi tantangan dalam pengiriman lewat Kargo Mid Mile:

1. Menawarkan layanan pengiriman dengan FTL (Full Truck Load) atau menggunakan satu truk eksklusif hanya untuk pengiriman bisnis Anda, sehingga bisa lebih cepat sampai.

2. Tersedianya banyak pilihan kendaraan dari unit kecil hingga besar, sesuai dengan kebutuhan bisnis retail.

3. Proses tracking yang sifatnya real-time saat pengiriman barang.

4. Perlindungan asuransi pengiriman.

Lengkapnya solusi pengiriman Mid Mile di atas bisa membuat pengiriman bisnis retail Anda jadi lebih efisien dan mudah.

Untuk pengiriman last mile ada juga solusi terbaik yang ditawarkan seperti adanya layanan cash collection, routing management system, dan lainnya. Penasaran dengan semua layanan tersebut? Segera konsultasikan dan serahkan pengiriman Anda disini!